Educating Independence in Civic Education at SDN 2 Beji, Banyumas, Using the Independent Curriculum
Abstract
This study aims to describe the process of independent character education in Civic Education learning in Class V of SDN 2 Beji, Banyumas using the Merdeka Curriculum. The learning process is carried out in an integrative thematic manner, where learning combines various subjects in one theme, so that students can learn holistically and textually. This study uses a descriptive qualitative approach with a phenomenological method. The main data sources come from interviews with Class V teachers, observations of Class V Civic Education learning, and interviews with Class V students, teachers, and principals, as well as documentation studies. The results of the study show that teaching independent character through Civic Education using the Merdeka Curriculum gives students the freedom to determine how to behave, process, think, and act creatively in order to develop each individual by determining their own destiny.
Keywords
References
Abidin, LL.Abd.Muhyi, Lale Yaqutunnafis, Bukhori Muslim, Agil Al Idrus, Liwa Ilhamdi, and Pahmi Husain. 2021. “Revitalisasi Moral Generasi Muda Dan Penekanan Angka Pernikahan Dini Melalui Sosialisasi Penguatan Nilai-Nilai Agama Dan Budaya Di Desa Bagik Payung Timur, Lombok Timur.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(4). doi: 10.29303/jpmpi.v4i4.997.
Alkhasanah, Nuraini, Darsinah, and Ernawati. 2023. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10(2). doi: 10.38048/jipcb.v10i2.1271.
Amdani, Dadan, Novaliyosi Novaliyosi, Hepsi Nindiasari, and Yuyu Yuhana. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(6). doi: 10.54371/jiip.v6i6.2145.
Ayni, Nuril, Risma Nurmaning Azizah, and Reksa Adya Pribadi. 2022. “Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10(1). doi: 10.47668/pkwu.v10i1.353.
Basariah, Basariah, and Mumbrita Sulaimi. 2021. “Peningkatan Karakter Bertanggung Jawab Siswa Melalui Model Discovery Learning.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(4). doi: 10.36418/japendi.v2i4.144.
Dwi Rita Nova, Deana, and Novi Widiastuti. 2019. “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum.” Comm-Edu (Community Education Journal) 2(2). doi: 10.22460/comm-edu.v2i2.2515.
Dwintari, Julita Widya. 2017. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7(2).
Efifani Krismitha Saroro. 2022. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.” SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan) 1(1). doi: 10.56721/shr.v1i1.123.
Farid, Ahmad, and Rugaiyah Rugaiyah. 2023. “Manajemen Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa.” Jurnal Basicedu 7(4). doi: 10.31004/basicedu.v7i4.5965.
Fatah, Muhammad Abdul, and Erna Zumrotun. 2023. “Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(2). doi: 10.54069/attadrib.v6i2.603.
Fitrianingtyas, Anjar, and Jumiatmoko Jumiatmoko. 2023. “Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di Era Digital.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2). doi: 10.37985/murhum.v4i2.193.
Galuh, Azahra Dewanti, Delia Maharani, Latifah Meynawati, Dinie Anggraeni, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Urgensi Nilai Dan Moral Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran CE Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6). doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1598.
Gumilar, Gumgum, Dian Perdana Sulistya Rosid, Bambang Sumardjoko, and Anik Ghufron. 2023. “Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5(2). doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528.
Harahap, Ria Damayanti, Sri Mahrani Harahap, Hotma Widia Safitrii Harahap, and Lola Saptri Siregar. 2023. “Pendampingan Cara Berbicara Yang Sopan Dan Santun Terhadap Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1).
Hasibuan, Annisa Rohimah Hasri, Aufa Aufa, Lola Khairunnisa, Wenni Arobiya Siregar, and Halimatul Adha. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6).
Hendriana, Heris. 2014. “Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis.” Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 19(1). doi: 10.18269/jpmipa.v19i1.424.
Ikrima, Nafila, and Riza Noviana Khoirunnisa. 2021. “Hubungan Antara Attachment (Kelekatan) Orang Tua Dengan Kemandirian Emosional Pada Remaja Jalanan.” Jurnal Penelitian Psikologi 8(9).
Maela, Eva, Veryliana Purnamasari, Iin Purnamasari, and Siti Khuluqul. 2023. “Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2):931–37.
Maryono, M., Hendra Budiono, and Resty Okha. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3(1). doi: 10.22437/gentala.v3i1.6750.
Muhsinin, Umil, Kholid Musyaddad, and Fauzan Azim. 2019. “Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Karakter Di Sdit Kota Jambi.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1). doi: 10.24042/atjpi.v10i1.3626.
Muthma’innah, Muthma’innah. 2023. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management 3(1). doi: 10.61456/tjiec.v3i1.72.
Nisa, Syasya Khoirin, Nono Hery Yoenanto, and Nur Ainy Fardana Nawangsari. 2023. “Hambatan Dan Solusi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12(3).
Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, and Durrotun Ni’mah. 2023. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10(2). doi: 10.38048/jipcb.v10i2.1204.
Parawangsa, Endah, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar (SD).” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3).
Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran CE Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5). doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1565.
Putra, Muhammad Adhitya Hidayat. 2019. “Building Character Education Through The Civilization Nations Children.” The Kalimantan Social Studies Journal 1(1). doi: 10.20527/kss.v1i1.1252.
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4). doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1).
Ridwan, Endan Hamdan. 2020. “Perspektif Hos Tjokroaminoto Tentang Pendidikan Islam.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam 1(1). doi: 10.52593/pdg.01.1.02.
Rubei, Muhammad Anwar. 2016. “integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ce untuk mengembangkan kemandirian siswa di mts. Mathlaul anwar kota pontianak.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 2(2).
Sa’diyah, Rika. 2017. “Pentingnya Melatih Kemandirian Anak.” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16(1). doi: 10.15408/kordinat.v16i1.6453.
Sari, Auliya’ Ayu, Dinda El Maskhuriyah, Erist Galih Fatchan, Varissa Sarahma Murti, and Wulan Maulidia. 2022. “Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran CE Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian 4(April).
Setiawan, Deny. 2013. “Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral.” Jurnal Pendidikan Karakter 4(1). doi: 10.21831/jpk.v0i1.1287.
Syafruddin, Muhammad Akbar, Andi Sahrul Jahrir, Akbar Yusuf, Ikadarny, and Akbar Yusuf. 2022. “Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Bangsa.” Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan 10(2).
Wiguna, I.Komang Wahyu, and Made Adi Nugraha Tristaningrat. 2022. “Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1). doi: 10.55115/edukasi.v3i1.2296.
Zaturrahmi, Zaturrahmi, Rona Rossa, and Elva Zuleni. 2022. “Integrasi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1). doi: 10.47492/eamal.v2i1.1282.
Zuliani, Rizki, Dewi Apriliyani, and Lisa Kurnia. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah Dasar.” Anawarul 3(5). doi: 10.58578/anwarul.v3i5.1420.
DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i4.1011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Solikhati Nabilah Husen, Wakhudin Wakhudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.