Development of Technology-Based Education Curriculum as a Form of Sustainable Education

Ejen Jaalussalam, Dian Pertiwi, Ishak Hidayat, Romlah Romlah

Abstract


The development of the times goes hand in hand with the development of technology and science, which automatically influences the world of education. Technology and education have a close relationship. In Indonesia, technology has been integrated into the curriculum system. The Indonesian government still implements an independent curriculum with the use of technology. A technology-appropriate and oriented curriculum system not only improves the quality of education but also serves as a catalyst for sustainable social and economic transformation. This is an interesting area to research, particularly in understanding the value of technology use in the educational curriculum. The research employs a descriptive qualitative method. The study, based on literature review, utilizes secondary data from existing studies. The research findings indicate that a curriculum system based on Information and Communication Technology (ICT) can create supportive learning environments. This is manifested in several ways, including engaging or interactive learning, more realistic learning experiences, more effective and efficient learning management, encouragement of independent learning, improved learning quality, flexible learning processes, and fostering positive responses in learning.

Keywords


Curriculum, Technology, Sustainable Education

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Ramadani, A. F., Wulandari, A. E., & Astutik, C. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Akbar, R. I. (2024). Perbandingan Pembelajaran dengan e-Learning dan mLearning di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional LPPM Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Aridianti, Jannah, M., & Gusmaneli. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Athallah, S. A., Putriani, S. D., Ani, T. R., Setiawati, M., & Utama, H. B. (2025). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum: Kunci Keberhasilan Pendidikan Berkelanjutan. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 2(5).

Cipta, N. H., Rokmanah, S., & Wijayanti, R. S. (2023). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Dewi, A. C. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital. JRGI: Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3).

Fajriati, A., Wisroni, & Handrianto, C. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Di Era Digital. Wahana Pedagogika, 6(2).

Farid, M., Putri, M., Rahmah, R., Putra, M. J. A., & Nisa, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SDN 06 Belantik. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(3).

Fathurrahman, M., Sarira, R. A., & Djakaria, I. (2024). Integrasi Teknologi Dan Kurikulum Dalam Pendidikan: Analisis Tren Dan Inovasi Terkini. KAMBIK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Febrianasari, D., Syuriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Kemandirian Siswa. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4).

Fink, S. (2013). Crisis Communications: The Definitive Guide to Managing the Message (McGraw-Hil).

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional.

Hariantoa, D., Nuraisyiaha, Hasyima, S. H., & Azis, F. (2024). Efektivitas Media dan Teknologi Berbasis Aplikasi dalam Pembelajaran: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(3).

Hirzi, N., & Ibrahim, M. M. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dengan Teknologi Interaktif Di Sekolah. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 6(1).

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1).

Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Ngalu, R. (2023). Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2).

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan Dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).

Koelsoem, O., & Kusmiyati. (2024). Peran Teknologi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(6).

Listyaningsih, D., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Menghadapi Abad 21 Di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(1).

Malay, I., Tania, C., Ardiansyah, F. R., Adifka, M. S., & Irawan, N. S. (2025). Dampak Penerapan Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan Sekolah dan Universitas. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2).

Mekalungi, N., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Efektivitas Kurikulum Berbasis Teknologi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4).

Mesterjon, Siska, J., Sukirdi, Herlina, Y., Saipul, Cianstury, I., & Hamzani. (2025). Pelatihan Penggunaan Teknologi, Inovasi Dan Evaluasi Pengembangan Kualitas Pendidikan. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 4(1).

Narpila, S. D., Pitaloka, D. D., Ramadhan, R., & Rusydi, A. M. (2025). Perbandingan Kegiatan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Kls VIII A SMP Cerdas Bangsa, Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Norpin, Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1).

Nur’ariyani, S., & Jumyati. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 2022.

Prihantini, Rogahang, S. S. N., Kalalo, R. R., Rahmiyati, & Yanti, E. R. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dan Pengalaman Belajar Siswa. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2).

Raodah, Ramadhan, S., & Kusumawati, Y. (2024). Urgensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Bagi Siswa Dalam Pembelajaran di SDIT Insan Kamil. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2).

Riyani, S., Angriamilleni, Setiawan, A., Lubis, A., & Wahyudi, S. (2023). Analisis Efektifitas E-Learning Sebagai Media Pada Pembelajaran TIK. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2).

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 12(1).

Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ.

Subagyo, R. A., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Pendekatan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif). Alfabeta.

Sumakula, H. I., Tendean, S. V., & Lonto, A. L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. TSSJ: Tumoutou Social Science Journal, 1(1).

Sundari, A., Fauzia, F. I., Zulfikar, M. F., Adinda, R., & Prihantini. (2024). Pengintegrasian Teknologi dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Peran Kebijakan dalam Pembelajaran Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3).

Surwuy, G. S., Rukmini, B. S., Riyanti, & Muhammad Saleh, S. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Tinjauan Implementasi Di Sekolah Menengah. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(1).

Suweta, I. M. (2023). Sinergi Teknologi dalam Kurikulum Pembelajaran yang Positif (Studi pada Sekolah Harapan Mulia Bali). Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4).




DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i5.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ejen Jaalussalam, Dian Pertiwi, Ishak Hidayat, Romlah Romlah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.