Code-Switching as Social Strategy: How a Child Entrepreneur and Adult Advisor Negotiate Power in Azka Corbuzier's Podcast

Naiya Azahra, Joyce Chardha Sinaga, Vimelia Fratiwi Hutapea, Evaness Jocelym, Rahmadsyah Rangkuti

Abstract


Studi ini mengkaji pola alih kode dalam percakapan podcast YouTube antara Azka Corbuzier dan Ryu Kintaro, seorang wirausahawan berusia 10 tahun, menggunakan Model Markedness Myers-Scotton sebagai kerangka analisis. Penelitian ini menyelidiki bagaimana kedua pembicara secara strategis menggunakan alih kode yang ditandai untuk menegosiasikan hubungan kekuasaan dan membangun identitas yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui transkripsi manual episode podcast dan dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola alih kode dalam diskusi bisnis dan konteks nasihat hidup. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Ryu secara konsisten menggunakan terminologi bisnis berbahasa Inggris seperti "AdSense," "endorsement," dan "financials" untuk membangun kredibilitas dan memposisikan dirinya sebagai wirausahawan yang sah meskipun usianya masih muda. Sebaliknya, Azka menggunakan pola alih kode yang ditandai yang menggabungkan imperatif bahasa Inggris dengan lindung nilai dan kondisional bahasa Indonesia untuk melunakkan posisi otoritatifnya dan menciptakan pemberian nasihat yang kolaboratif, alih-alih hierarkis. Studi tersebut menunjukkan bahwa peralihan kode berfungsi sebagai alat sosial yang canggih untuk merundingkan kembali struktur kekuasaan yang diharapkan, dengan pilihan linguistik yang nyata memungkinkan penutur untuk mengubah hierarki berbasis usia konvensional menjadi hubungan yang lebih egaliter.

Keywords


Code-switching, podcasts, negotiation, sociolinguistics

Full Text:

PDF

References


Beiler, I. R. (2021). Marked and unmarked translanguaging in accelerated, mainstream, and sheltered English classrooms. Multilingua, 40(1), 107–138. https://doi.org/10.1515/multi-2020-0022

Daulay, S. H., Wahyuni, D., & Anjani, R. (2025). Code Switching and Code-Mixing Analysis in the Rahasia Gadis Podcast Episode “Proses Jadi Dewasa” Featuring Naura Ayu. Kajian Linguistik Dan Sastra, 4(3), 523–530.

Irawan, I. G. N. D., Jendra, M. I. I., & Juniartha, I. W. (2021). The Reasons of Code Switching Found in Pamungkas’ Speech During Podcast Talks/ Interviews. Elysian Journal : English Literature, Linguistics and Translation Studies, 1(3), 117–126.

Miladesia, A. A. (2022). An Analysis of Code-mixing and Code Switching by Online Tutor of Englishvit Video on Instagram Reels. Journal of English for Specific Purposes in Indonesia, 1(1), 25–29.

Myers-Scotton, C. (1993). Social Motivations for Code-Switching: Evidence from Africa. Clarendon Press.

Putra, I. K. J. D., & Putra, I. G. A. C. S. (2024). Types of Code-Switching Found in The Friday Podcast. ELYSIAN JOURNAL : English Literature, Linguistics and Translation Studies, 4(3), 234–243. https://doi.org/10.36733/elysian.v4i3.7401

Sahib, H., Hanafiah, W., Aswad, M., Yassi, A. H., & Mashhadi, F. (2021). Syntactic Configuration of Code-Switching between Indonesian and English: Another Perspective on Code-Switching Phenomena. Education Research International, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/3402485

Saqib, M. N., & Anindita, W. K. (2025). An Analysis of Code-Switching and Code-Mixing on Deddy Corbuzier’S Podcast Episode Agnez Monica. Acceleration: Multidisciplinary Research Journal, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.70210/amrj.v3i1.123

Situmorang, K. E., Pasaribu, T. K., & Sembiring, R. A. (2023). An Analysis Of Code Mixing And Code Switching On Najwa Shihab Podcast “Susahnya Jadi Perempuan” (Catatan Najwa). ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 10(2), 356–366. https://doi.org/10.26858/eltww.v10i2.53616

Wei, L. (2018). Translanguaging as a Practical Theory of Language. Applied Linguistics, 39(1), 9–30. https://doi.org/10.1093/applin/amx039

Yousif, A. S. A. (2025). Multilingualism in the Digital Age: Code-Switching and Translanguaging Online. Theory and Practice in Language Studies, 15(4), 1217–1225. https://doi.org/10.17507/tpls.1504.20




DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i6.1578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Naiya Azahra, Joyce Chardha Sinaga, Vimelia Fratiwi Hutapea, Evaness Jocelym, Rahmadsyah Rangkuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.