Application of Discovery Learning Method to Improve Students' Critical, Tactical, and Innovative Thinking Patterns
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, D. (2022). “Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction (ICI) dengan Media Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar”. Kolom Cendekia: Jurnl Ilmiah Kendidikan. Vol 10, Nomor 2, tahun 2022. Pengaruh_Pendekatan_Interactive_Conceptual_Instruc.pdf
Budiyono, S., and Santoso, B, S,. (2019). “Efforts to Improve Reading Skills Through the Critical Reading Method for Students of Widya Dharma University on Academic Year 2018/2019” Proceedings of the Third International Seminar on Recent Language, Literature, and Local Culture Studies, BASA, 20-21 September 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.20-9-2019.2296655
Budiyono, Sri., Harta, D., and Yuliantoro, A.. (2021). “The application of discussion method for improving the students' logical thinking skills”. Journal of Applied Studies in Language, Volume 5 Issue 1 (Jun 2021), p. 56—66. Bali: Politeknik Negeri Bali. https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JASL/article/view/2345
Cooper, D. R., Schindler, P. S., & Sun, J. (2006). Business research methods (Vol. 9). McGraw- Hill Irwin New York.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi, R.K. and Gischa, S. (2023). "Perbedaan Kreatif dan Inovatif, Apa Itu?". Jakarta: Kompas.com.Diunduh pada hari Kamis, 15 Februari 2024. https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/25/133000369/perbedaan-kreatif-dan- inovatif-apa-itu-#google_vignette
Fikriansyah, I. (2023). “Berpikir Kritis Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya”. Detikedu. Diunduh pada hari Kamis, 15 Februari 2024.https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6841722/berpikir-kritis-adalah-pengertian- karakteristik-dan-manfaatnya
Hayuningtyas, N.E., Wijayanti, A., & Muhajir. (2017). “Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar”. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 20, Nomor 2. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/viewFile/8906/pdf
Hidayah, Nurul. (2024). “Contoh Karya Ilmiah, Pengertian, Ciri, Jenis, & Cara Membuat”. Diunduh pada hari Kamis, tanggal 15 Februri 2024.
https://www.brainacademy.id/blog/karya-ilmiah
Kemendikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21 https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2017/06/pendidikan-karakter-dorong-tumbuhnya-kompetensi-siswa-abad-21#:~:text=Hal%20itu%20sesuai%20dengan%20empat%20kompetensi%20yang%20harus,Ability%20to%20Work%20Collaboratively%20%28kemampuan%20untuk%20bekerja%20sama%29.
Kuswati, W. (2015). Penggunaan Metode Discovery Dengan Media Realia dalam Peningkatan Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Kedungwinangun Tahun Pelajaran 2014/2015. Kalam Cendekia. 3 (6.1). 639-643.
Mahardika, R. (2023). “Pengertian Inovatif, Jenis, Ciri-ciri, dan Manfaatnya”. Jakarta: Bisnis.com.Diunduh pada hari Kamis, tanggal 15 Februri 2024.
https://entrepreneur.bisnis.com/read/20231106/52/1711515/pengertian-inovatif-jenis-ciri- ciri-dan-manfaatnya
Padmono, Y. (2012). Penelitian Tindakan Kelas I. Surakarta: Pelangi Press.
Rizal. (2023). Apa Itu Taktis: Arti Kata, Sinonim, Antonim, dan Contoh. Zonanulis. Diunduh pada hari Kamis, 15 Februari 2024. https://www.zonanulis.com/apa-itu-taktis/
Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). “Kajian Teori dalam Penelitian”. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Volume 3, nomor: 1. Malang: Universitas Malang https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/11272/pdf
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Turner, Jonathan H. (1988). A Theory of Social Interaction. USA: Stanford University Press.
Suwartono, T. (2024). “Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori dan Praktik”. Nusantara: Jurnal Penidikan Indonesia. Volume 4, Nomor 1. https://www.researchgate.net/publication/377843141_Penelitian_Tindakan_Kelas_Antara_Teori_dan_Praktik
Wijaya, A. dan Serafica, G. (2023). Teori, Pengertian, dan Jenisnya. Kompas.com/Skola. https://www.kompas.com/skola/read/2023/11/24/010000169/teori-- pengertian-dan-jenisnya#google_vignette
Winarti, E.R., Waluyo, Budi., dan Rochmad. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, melalui Problem Based Learning dengan Peer Feedback Activity” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.5, No.2, hal 197-207 September 2018. Semarang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. file:///C:/Users/ASUS_/Downloads/26056-60420-2- PB.pdf
DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i2.673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Budiyono, Sudiyo Widodo, Ronggo Warsito, Muhammad Yogi Guntoro, Sigit Adhi Pratomo, Bayu Indrayanto, Suhud Eko Yuwono, Ahmad Faizun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.